Lompat ke konten

Manfaat Kesehatan Bawang Bombay

  • 5 min read

Bawang bombay merupakan salah satu bahan masakan yang super populer di seluruh dunia. Banyak resep masakan yang mengunakan bawang bombay sebagai pelengkap rasanya. Tetapi tidak hanya bermanfaat sebagai bahan masakan, ternyata bawang bombay juga punya banyak manfaat bagi kesehatan yang belum banyak diketahui orang.

Ada beberapa zat aktif seperti quercetin, allicin, dan saponin yang bisa didapat dari bawang bombay dan bisa membuat tubuh kita sehat. Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau bawang bombay bisa membantu mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Quercetin

Bawang bombay mengandung Quercetin, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan bahkan mengurangi resiko berbagai penyakit kronis. Quercetin bermanfaat untuk kesehatan karena dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi resiko beberapa jenis kanker. Zat ini juga diketahui bermanfaat untuk melindungi tubuh dari efek berbahaya beberapa zat kimia.

Selain itu, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa Quercetin juga dapat bermanfaat untuk mengurangi gejala alergi, mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan stres oksidatif, dan membantu melawan infeksi. Quercetin juga terbukti memiliki efek anti-penuaan karena dapat meningkatkan siklus hidup sel dan mengurangi kerusakan DNA. Zat ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan memiliki efek positif pada gangguan kognitif yang dapat menurunkan resiko demensia.

Allicin

Allicin, senyawa yang ditemukan dalam bawang putih, memiliki sifat antioksidan yang kuat, sehingga merupakan tambahan yang bagus untuk diet sehat. Studi telah menunjukkan bahwa allicin dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, yang dapat merusak sel dan berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis. Selain itu, allicin juga memiliki efek anti-inflamasi dan antibakteri, serta dapat membantu mengurangi resiko beberapa jenis kanker dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Allicin juga ditemukan efektif dalam mengobati berbagai kondisi kesehatan, termasuk infeksi jamur, pilek, flu, dan bahkan kadar kolesterol yang tinggi. Allicin juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan arthritis dan masalah sendi lainnya. Allicin juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi resiko infeksi. Potensialnya, allicin juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi gejala gangguan pencernaan.

Artikel Terkait:   Manfaat Ketumbar

Saponin

Saponin adalah senyawa yang kuat yang ditemukan dalam banyak tumbuhan, termasuk bawang putih, yang telah diteliti untuk manfaat kesehatannya. Ini adalah tipe glikosida tanaman, yang merupakan karbohidrat yang terdiri dari molekul gula yang terikat pada molekul non-gula.

Saponin ditemukan di dinding sel tumbuhan dan bertanggung jawab atas rasa pahitnya. Dipercayai memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antivirus. Ini berarti dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari penyakit.

Studi menunjukkan bahwa saponin dapat membantu mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan kesehatan jantung. Ini juga mungkin bermanfaat bagi orang dengan diabetes, karena dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, saponin dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan hati.

Sebagai hasilnya, ini dapat membantu melindungi dari infeksi dan penyakit tertentu. Selain itu, saponin terbukti memiliki sifat anti-alergi dan antibakteri. Ini juga dapat membantu dalam penurunan berat badan, karena dapat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan kenyang.

Penyakit jantung

Penyakit jantung sangat berbahaya karena bisa menyebabkan komplikasi yang parah kalau tidak diatasi dengan benar. Penyebabnya bisa dari kolesterol tinggi, darah tinggi, obesitas, atau merokok. Konsumsi bawang bombay bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Suda ada penelitian yang menunjukkan kalau mengkonsumsi bawang bombay secara teratur bisa membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol, dan membuat pembuluh darah menjadi lebih lancar. Selain itu, bawang bombay juga mempunyai senyawa saponin yang bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Dalam bawang bombay juga terdapat antioksidan di dalamnya yang bisa membantu menjaga jantung dari kerusakan radikal bebas. Jadi, mengkonsumsi bawang bombay bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Penyakit diabetes dan kanker

Penyakit diabetes dan kanker sangat berbahaya dan membuat masalah kesehatan menjadi kompleks. Konsumsi bawang bombay dapat membantu mencegah kedua penyakit tersebut karena bawang bombay banyak mempunyai manfaat kesehatan, seperti kaya akan antioksidan, zat anti-inflamasi dan anti-kanker.

Antioksidan dalam bawang bombay bisa membantu melawan radikal bebas yang membuat resiko kanker meningkat. Dan zat anti-inflamasi yang terkandung dalam bawang bombay bisa membantu mengurangi resiko diabetes dan kanker. Studi terbaru juga sudah menunjukkan kalau ekstrak bawang bombay bisa membantu mengurangi kadar gula darah yang tinggi dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Artikel Terkait:   Manfaat Kesehatan Bawang Putih Mentah

Pertanyaan yang berkaitan dengan manfaat bawang bombay

Connie Biduri